Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kopi Luwak Vietnam


 
 
(Berbagai Kopi bergambar LUWAK di kota Ho Chi Minh)

Kopi luwak sudah ada yang pernah menyicipi kopi yang satu ini?
Yah kopi luwak merupakan salah satu kopi termahal di dunia, di bandrol dengan harga di atas 70 dollar untuk 1 kilogram bubuk kopi luwak siap seduh. Segelas kopi luwak dapat di beli dengan harga rata rata di atas $5-8. Baik bubuk maupun membeli kopi luwak siap seduh di beberapa outlet bergantung jenis kopinya seperti robusta, arabica atau bergantung jenisnya expresso untuk kopi yang agak pekat, latte untuk kopi di campur susu sehingga ada lapisan busa tipis dan cappucino yang merupakan kombinasi antara expresso dan latte

Nah, cara pembuatan kopi luwak itu sendiri seperti yang kita tahu bahwa biji kopi akan di makan oleh hewan luwak yang berasal dari family viverridae ini dan akan dikeluarkan dalam bentuk feses musang tersebut. Kopi yang masuk ke dalam perut musang akan mengalami proses fermentasi , metabolismea dan tentunya bercampur dengan makanan lain yang ada di dalamnya. Daging buah kopi akan di makan oleh musang sedangkan biji kopi tidak di cerna oleh sistem percernaan musang, sehingga bentuknya yaaaach you know kopi bercampur dengan feses (ee') musang.

Hasil pencernaan musang berupa feses ini dipisahkan, kemudian di cuci sampai bersih dan jemur di atas terik matahari. Kopi kopi luwak yang di makan oleh musang adalah kopi kopi matang dan terbaik sehingga menghasilkan kopi yang wangi.

Di vietnam sendiri kopi luwak di jual di mana mana, hanya saja harus teliti membeli kopi luwak dalam bentuk bubuk karena banyak sekali kopi abal abal (ASPAL) yang di jual di pasar pasar tradisional seperti Behn Tahn Market yang di jual dengan harga 5$ untuk 250 mg serbuk kopi luwak seperti gambar di atas.

Menurut guide saya yang adalah seorang Vietnam yang fasih bahasa inggris harga kopi Luwak rata rata di atas 100$ di kota Ho Chi Minh.

Post a Comment for "Kopi Luwak Vietnam"