Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips dan Trik Jalan Jalan Murah Ke Luar Negeri


Teman teman saya cukup takjub, tidak terkecuali keluarga saya, ketika saya memutuskan untuk melakukan perjalanan ke 5 negara seorang diri. Alih alih mencari paket liburan murah ke luar negeri, saya lebih menyukai hal hal yang dilakukan sendiri tanpa terikat oleh schedule paket wisata tertentu.

Berikut ini saya akan membeberkan pada teman teman  bagaimana cara jalan jalan murah ke luar negeri tanpa visa ala gue dan ini  tidak perlu dilakukan bahkan dengan paket tour wisata murah sekalipun.
Teman teman dapat dengan bebas menentukan tempat tempat apa saja yang ingin didatangi, sesuka hati dan tidak terikat waktu oleh tour travel.

1. Bila ingin ke luar negeri tanpa Visa anda bisa ke seluruh negara di Asia tenggara, karena semua negara di Asia Tenggara bebas orang Indonesia datangi tanpa visa bahkan Visa on arrival seperti teman baru saya dari Beijing yang mengurus VOA di Imigration Border.

2. Pesanlah tiket Jauh Jauh Hari sebelumnya, pesan di hari Selasa dan berangkatlah di dari senin - rabu menggunakan maskapai Low Cost Carrier seperti Air Asia, Jet Star, Tiger dll.

3. Berangkatlah pada Low Season, jangan di saat saat liburan hari raya, libur sekolah, akhir tahun dan festival di negara yang anda tuju, karena Penginapan harganya pastilah sangat mahal begitupula dengan tiket.

4. Bawalah barang seadanya, 1 tas backpack ukuran sedang untuk 14 hari perjalanan. Karena saya wanita, saya membawa rata rata baju shifon  sehingga bisa langsung saya cuci lagi, di angin anginkan dan di pakai tanpa perlu di seterika, selain itu shifon bahannya lebih ringan tidak perlu repot dengan cucian. Saya membawa hanya 1 jins dan sisanya hot pants dan tank top.

5. Menginaplah di Hostel atau guest house terutama yang berkapasitas 5 - 10 orang dalam satu kamar. Untuk wanita lebih disarankan menggunakan Female Dorm Room yang memiliki kunci loker.

6. Jangan Malu untuk tidur di Public Area seperti Airport dan Stasiun. Negara seperti Singapore dan Malaysia sangatlah nyaman dan aman menurut saya untuk tidur di airportnya. Untuk Stasiun akan ada beberapa kali pengusiran oleh security, tapi jangan menyerah bila di atas tengah malam pesanlah kopi atau sebungkus burger agar dapat merebahkan kepala bahkan sambil duduk di MCD 24 jam

7. Untuk negara di asia tenggara yang tergolong mahal dalam hal penginapan seperti singapore dan malaysia, anda dapat memanfaatkan Loker untuk meletakkan barang bawaan anda selama seharian sehingga ketika mencari tempat rebahan anda tidak direpotkan dengan backpack. Untuk malaysia harganya 10 ringgit ukuran loker sedang. Di singapore terdapat sewa loker di airport harganya saya lupa.

8. Manfaatkan Bilik Mandi yang tersebar di Kuala Lumpur, jadi walaupun backpacker tetap wangi hehe.
Harga sekali mandi di KL adalah 5 ringgit, anda akan mendapatkan handuk dan sabun. Di beberapa toko toko food court di Singapore juga menyediakan kamar mandi untuk di sewakan. Tidak terkecuali di bangkok di beberapa publik area seperti stasiun disediakan tempat untuk mandi.

9. Pengalaman dari Jakarta Vietnam, sudah pasti di dalam pesawat anda akan menemukan beberapa orang Indonesia. Berbaurlah dengan mereka, pertebal wajah anda sehingga bisa berbagi tarif taksi ke tujuan, syukur syukur jika tujuannya sama apalagi dibayarkan.

10. Gunakan selalu angkutan umum atau angkutan pengangkut massal selama berada di negara orang, tidak disarankan menggunakan taksi, kecuali jika nyasar, wanita, tengah malam dan tidak ada lagi kendaraan atau kereta.

11. Tinggallah di Penginapan yang dekat dengan transportasi publik.

12. Perbanyak olah raga dengan berjalan kaki dan mengenal budaya sekitar.

13. Perbanyak teman, karena beberapa teman akan membawa anda pada keberuntungan bagi anda seperti makan gratis, shared tuk tuk, shared hostel (jika mentok gada dorm room).

14. Makanlah makanan tradisional di negara tersebut di pasar pasar tradisionalnya. Misalkan Vietnam makanlah PHO di Pasar Behn Tahn Market atau Makan Kecoak goreng dan kopi kamboja di Russian Market cambodia, harganya pastilah lebih murah di banding makan di rumah rumah makan.

15. Selalu ramah kepada siapa saja, beberapa orang hat yai memberikan saya makan malam dan sarapan roti isi gratis karena tahu saya solo backpacker cewek.

Post a Comment for "Tips dan Trik Jalan Jalan Murah Ke Luar Negeri"