Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Visa On Arrival di India

Sejak tahun 2011, negara India memberlakukan Visa On Arrival (VOA) untuk turis Indonesia, hanya turis loh ya dengan masa kunjungan 30 hari dan tidak berlaku multiple entry sama seperti kasus saya.

Okay VOA (Visa On Arrival) ada kekurangan dan kelebihannya, untuk anda yang tidak sempat mengurus Visa India di negara tercinta, atau sama seperti saya yang notabene KTP Timika - Papua, sementara konsulat India untuk Indonesia timur ada di Makasar/ Surabaya bisa mencoba jalur VOA yang lumayan ribet ini sesampainya di India.

Kota kota yang memberlakukan VOA hanya ada 2 yakni New Delhi, Mumbai, Kolkata dan 1nya lg saya lupa hehe, pokoke yang ada label Internasional Airport.

Syarat syarat VOA untuk turis Indonesia ( November 2014):

1.) 1 buah foto latar belakang apa saja ukuran 3x4 terbaru.
Saya sih dimintanya itu aja, cmn kalo mau aman bawa yang 3x4 dan 4x6 dengan latar belakang putih masing masing 2 lembar.
2.) RETURN TICKET its a must.
Yang paling pertama ditanyakan mereka/ petugas imigrasi india, mana tiket pulang kamu.
Beberapa kru air asia di kuala lumpurpun harus menelepon temannya berkali kali untuk memastikan VOA sudah bisa berlaku di India dan meminta bukti tiket pulang saya ke tanah air.
3. Isi formulir, pastikan kamu punya booking tiket hostel/guest house/hotel paling gak untuk 1 hari kamu di India. Karena ada isian yang mengharuskan menuliskan alamat di India.

Kalau saya pribadi hanya itu saja yang diminta kemudian saya di suruh mengisi form VOA dan BAYAR.

Lain lain buat jaga jaga:
4. ITINERARY/ rencana perjalanan kamu selama di India.
5. Bawa dollar.

India TIDAK MENERIMA ruppee dari luar negara India, aneh ya padahal kalo diterawang terawang gak mungkin palsu juga duit yang di Tukar dari Indonesia.
Untunglah saya masih mnyimpan dollar untuk ditukarkan di money changer di lantai bawah bagian imigrasi. Klo dahulu mereka masih menerima ruppee dari luar India sekarang TIDAK DIPERBOLEHKAN membayar VOA memakai ruppee dari luar India.


Ini formnya isi selengkap lengkapnya ya.
Nah, agak kesal juga sie ngurus VOA di India yang luamaaa dan lamban banget, saya tiba pukul 00.20 dan VOA saya kelar pukul 02.30. Hoaaam lamanya minta ampun. Saya harus membayar USD65 (dituker dikonter deket imigrasi dengan 3900 ruppee). Uangnya diterawang satu satu loh, dilihat dan di raba raba jederrrr padahal yang ngurus VOA hanya saya, 1 orang indonesia bersama anak dan 1 orang filipin. Gak kwbayang lamanya klo 50 orang yang ngurus VOA kudu sabar, ga cocok buat yang buru buru.

Setelah kurang lebih 2 jam menunggu, hiyaaa ini dia VOA saya di India.



Post a Comment for "Cara Membuat Visa On Arrival di India"